Toko Online Menjamur

toko-onlinePikirkanlah satu produk yang ingin anda beli sekarang. Carilah di internet, kemungkinan besar ada toko online yang menawarkan produk tersebut. Misalkan anda ingin membeli handphone, carilah di google atau di yahoo dengan kata kunci “jual handphone” atau “sale handphone,” dijamin ada ribuan halaman hasil pencarian. Artinya ada banyak toko online yang menawarkan handphone. Tidak hanya handphone, produk-produk yang lain pun banyak tersedia. Dari mulai pakaian, barang elektronik, komputer, sparepart mobil, buku, kosmetik, sampai hewan peliharaan pun bisa kita beli melalui internet .

Mengapa ada sekelompok konsumen yang memilih membeli produk-produk tertentu melalui internet ? Tinggal pilih produk yang ingin dibeli, lakukan pembayaran dan dalam beberapa hari pesanan akan diantar ke alamat rumah. Mudah dan tidak memakan banyak waktu. Mungkin alasan inilah yang membuat sekelompok konsumen lebih memilih berbelanja melalui internet.

Kelompok yang lain lebih memilih untuk membeli langsung. Alasannya mungkin adalah karena mereka tidak mengerti dengan teknologi internet atau mereka belum percaya dengan toko online-nya, takut ditipu.

Dari sisi penjual, membuat website toko online merupakan alternatif yang lebih menguntungkan. Pertama, tidak perlu modal besar untuk membuat sebuah toko online. Kedua, tidak perlu sewa tempat/toko untuk memajang produknya. Ketiga, tidak perlu banyak karyawan, karena menjalankannya sendiripun bisa.

Yang perlu digarisbawahi dalam menjalankan toko online adalah kepercayaan. Sekali orang percaya dengan selalu memberikan pelayanan yang baik dan produk-produknya pun bermutu, tidak rusak/cacat, maka bisnisnya akan bisa terus berkembang, insya Allah.

Apalagi sekarang dengan adanya aplikasi-aplikasi gratis dan mudah untuk membuat website, makin menjamurlah toko-toko online di internet. Malahan sekarang banyak saya temukan, para blogger pun menjadikan halaman blognya untuk berjualan.

Fenomena yang luar biasa, yang mungkin bisa merubah pola pikir kebanyakan orang bahwa berbisnis itu susah dan perlu modal. Dengan berbagai kemudahan-kemudahan ini seharusnya setiap orang membuang jauh-jauh pemikiran seperti itu.

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

NB: Artikel ini saya copas dari blog saya terdahulu yang sekarang sudah tidak lagi online. Di-publish 7 September 2009

One thought on “Toko Online Menjamur”

Leave a Reply