Halal bi Halal dan Reuni Angkatan 91 SD Muhammadiyah 24 Jakarta 2013

Pertemuan adalah hal yang menyenangkan. Apalagi dengan teman yang sudah lama tak bersua. Hari minggu, 25 Agustus 2013 lalu, saya bertemu dengan teman-teman lama yang sengaja dikumpulkan dalam perhelatan akbar Halal bi More »

Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Ditengah-tengah masyarakat, banyak anggapan bahwa untuk menurunkan berat badan caranya adalah dengan mengurangi makan. Bahkan demi hasil yang lebih maksimal, banyak dari pelaku diet tidak sarapan dan atau tidak makan malam sama More »

Turun 5 kg Dalam Waktu Kurang Dari 15 Hari

Dari dulu saya punya masalah dalam mengatur pola makan. Saya itu orang yang tidak bisa menahan makan. Suka sekali ngemil. Karena kebiasan buruk saya inilah, berat badan saya melebihi berat badan yang More »

 

Mencari Kebahagian Dunia Akhirat Melalui Aktifitas Blogging

Mencari Kebahagian Dunia Akhirat Melalui Aktifitas Blogging“. Wuih… tagline-nya berat banget ya. Tidak apalah, masih lebih berat badan saya kok ( itu dulu sekarang sudah turun 15kg)… hehe

Sebenarnya tagline ini muncul, mengalir begitu saja. Awalnya saya bingung harus kasih tagline apa untuk blog baru ini – blog dengan domain nama sendiri. Ide memilih tagline ini bisa saja bersumber dari usaha saya dalam mencari formula yang tepat agar blogging itu bisa menjadi suatu hal yang membuat saya bahagia.

Tidak hanya bahagia karena bisa berbagi, tapi bahagia karena blogging bisa menjadi sekedar hobi yang ketika menjalankannya akan menimbulkan rasa senang, tanpa tekanan dan tanpa keterpaksaan. Seperti halnya ketika saya bermain futsal. Tidak ada sedikit pun yang membuat saya merasa tertekan. Yang ada hanyalah bersenang-senang.

Begitu juga dengan blogging. Yang saya mau, blogging yang saya lakukan bisa membuat saya bisa bersenang-senang layaknya ketika saya bermain futsal.

Diatas saya katakan bahwa blogging hanyalah sekedar hobi. Ya, begitulah adanya. Tidak ada niat sedikit pun untuk menjadikan blogging menjadi sebuah profesi atau memposisikan sebagai sebuah profesi. Kalau berbicara tentang profesi, tentunya akan timbul sebuah komitmen sebagai tanggung jawab dari sebuah profesi.

Komitmen itu bisa saja berupa “janji” untuk sering update. Kalau jarang update, berarti wanprestasi terhadap komitmen yang telah dibuat. Sehingga mungkin saja muncul komentar, “Kemana nih komitmen yang dulu Anda buat ?”, “Kok jarang update, mendingan kelaut saja sana” dan berbagai komentar sinis lainnya atau terkesan sinis.

Sebenarnya tidak ada yang salah kalau ada sebagian dari Anda mempunyai komitmen untuk sering meng-update blog. Tidak  salah kalau ada sebagian dari Anda merasa sedikit bersalah ketika tidak meng-update blog Anda. Tidak salah juga ketika sebagian dari Anda tidak mentolerir adanya kesibukan diluar blogging menjadi alasan kenapa menjadi jarang update.

Memang tidak ada yang salah. Karena itu pilihan Anda, karena itu komitmen Anda. Anda punya hak untuk itu. Tapi maaf, kalau seperti itu berarti  Anda tidak “sealiran” dengan saya. Karena “aliran” saya adalah aliran “Blogging untuk bersenang-senang, tanpa tekanan dan keterpaksaan” :) . Tapi saya akan tetap menghormati Anda . Berbeda boleh toh… :)

Kalaupun nantinya blog ini menjadi sering update, bukan karena saya berkomitmen untuk sering update, tapi karena memang saya senang melakukannya dan karena memang ada ide untuk ditulis. Kalaupun ada komitmen, bukanlah komitmen untuk sering update, tapi komitmen itu adalah untuk selalu memberikan yang terbaik melalui tulisan-tulisan saya.

Balik lagi kemasalah tagline. Diatas sudah dijelaskan kenapa kata kebahagiaan menjadi bagian dari tagline. Lalu kenapa  kebahagian dunia akhirat ? Mudah-mudahan ini tidak terlalu berlebihan. Apakah menurut Anda ini terkesan terlalu berlebihan ? Mmmmm…. saya rasa tidak juga telalu berlebihan, ach.

Siapa sih yang tidak mau hidup bahagia, mati masuk surga ? Saya yakin semua orang pasti  menginginkannya. Atau mungkin ada juga yang tidak ingin ? Mungkin ada yang perlu dikonsultasikan ke psikolog tuh…. hehe.

Ada satu hadist Rasulullah yang selalu saya ingat, yaitu “Sampaikanlah, walaupun hanya satu ayat“. Insya Allah saya akan selalu mengamalkan hadist ini. Jadi, tidak terlalu berlebihan juga bukan, kalau mencari kebagian dunia akhirat melalui aktifitas blogging ? Blogging sambil ibadah atau ibadah sambil blogging. Akur ya…

Saya sudah berani mencantumkan kata “kebahagian dunia akhirat” di dalam tagline blog ini, berarti ada tanggung jawab saya untuk mengisi blog ini dengan hal-hal yang baik. Isinya bisa berupa artikel motivasi, inspirasi atau mungkin saja sebuah catatan ringan syarat hikmah atau pun hanya berupa catatan ringan pelepas kepenatan dan kejenuhan. Mudah-mudahan isinya tidak menimbulkan kekecewaan, kegundahan ataupun kekhawatiran. Insya Allah…

Harapan saya tidak hanya sampai bisa memberikan yang terbaik melalui artikel-artikel yang saya tulis, tapi juga ada harapan untuk mendapatkan feedback positif dari para pembaca. Ya, Anda bisa mengingatkan saya. Kalau sewaktu-waktu ada tulisan saya yang tidak mencerminkan tagline blog ini, jangan sungkan-sungkan untuk mengingatkan. Saya hanya manusia biasa yang kerap kali berbuat salah yang butuh untuk selalu diingatkan.

Sekali lagi saya ingatkan. Kalau Anda berniat untuk menjalin persahabatan dengan saya melalui blog ini, jangan sungkan-sungkan untuk selalu mengingatkan saya. Dan maaf, tidak ada pilihan untuk tidak menjadi sahabat. Pantang tidak meninggalkan komentar, kalau sudah berkunjung ke blog ini  (hehe… sedikit maksa nih). Setuju ya !!!

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

21 Responses to Mencari Kebahagian Dunia Akhirat Melalui Aktifitas Blogging

  1. loewyi says:

    Wah bagus tuch mas…. :) saya dukung…. :)

  2. fadly muin says:

    tagline nya ngeri mas.. :D

    tapi melihat sosok mas Octa, tagline itu tidak terlalu berat kok.
    mudah-mudahan makin muda menemukan jalan menuju kebahagiaannya mas.. (haiyaaa..)

    • Octa Dwinanda says:

      ngerian mana sama mas Hengky mas ? ups.. maaf, kok jadi ngomongin orang. pis mas Hengky :)

      emang mas Fadly pernah melihat sosok saya seperti apa ? hehe….

      Amin…. terima kasih atas doanya mas :)

  3. Rudy Azhar says:

    kita tunggu gebrakan selanjutnya dari Mas Octa….

  4. trieand says:

    dibilang ngeri seh enggak juga, tapi mungkin agak berat yak… tapi bagus kok… jadi bisa buat pemacu diri agar selalu berbuat positif termasuk dalam dunia perbloggingan… hehehe… btw, ini blog yang baru yak… :)

    • Octa Dwinanda says:

      baru mba… fresh from the kompor…. hehe

      tujuan saya memang itu mba. Blog sebagai alat kontrol….

  5. mh says:

    berat gan.. harus dibongkar dulu tuh mental blok nya hehehe

    • Octa Dwinanda says:

      mohon dibantu ngebongkarnya mas….
      nanti bangunnya pake batabig dari mas hengky… hihihi

  6. agoenk70 says:

    Hmm tagline nya bagus.. secara tidak langsung memacu semanagt diri pribadi maupun para pengunjung dengan membaca taglinenya..

    selamat buat blog barunya..

  7. Waduh. .dah terlanjur lihat artikel ini. . .
    Gak enak pada kata2 terakhir.
    Maksa nyuruh ninggalin komeng. . .wkwkwkwkwk

    btw eniwei on the baswei. .
    Install kaskus emot biar rame mas. .hehe. . .

    • Octa Dwinanda says:

      harus enak mas… kalau mampir kesini berarti harus bersenang-senang… hehe
      nanti plugin emotnya dipilih-pilih dulu mas. Kaskus emot kurang oke…hehe
      Ada saran lain mas ?

  8. [...] begitulah saya memposisikan futsal dalam kehidupan saya. Dan seperti itulah harapan saya terhadap blogging.  Kebayang kan, harapan seperti apa  [...]

  9. kangmas ian says:

    hehehe setuju mas ^^
    tagline nya memang keren..
    semoga mas bisa istiqomah bloggingnya xixi
    salam kenal ya mas :)
    makasiih

    • Octa Dwinanda says:

      Amin…. insya Allah kang. Doain aja ya…
      salam kenal juga kang ian…
      terima kasih sudah berkunjung ya

  10. misbach says:

    Assalamu’alaikum …
    blogging sambil ibadah/ ibadah sambil blogging? Tetap semangatttt…
    Insya Allah setelah membaca tulisan2 disini kekhawatiran, kegundahan serta kegelisahan bisa menjauh …

  11. MF says:

    Amiin .. semoga saja tagline ini memang bisa membawa blog ini menjadi manfaat untuk orang lain … Salam kenal mas … :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>