Manfaat Memelihara Ikan

Beberapa bulan terakhir ini, saya punya hobi baru. Hobi baru saya ini berawal dari pada saat TK tempat anak saya bersekolah mengadakan outing ke Pelita Desa Ciseeng. Di akhir acara, anak saya minta dibelikan ikan. Pada saat itu langsung saya iyakan, karena kepikiran saatnya untuk mengajari anak arti dari tanggung jawab dengan membelikan mereka ikan untuk dipelihara.

Beberapa hari kemudian setelah pulang dari outing, saya belikan aquarium ukuran kecil untuk menaruh ikan yang sebelumnya hanya di taruh di sebuah baskom kecil. Untuk mempercantik tampilan aquarium, saya tambahkan hiasan di dalamnya, seperti kotak harta karun, beberapa rumput laut buatan, dan mesin gelembung air.

Beberapa hari pertama, saya berikan tanggung jawab kepada kedua anak saya untuk memberikan makan kepada ikan peliharaannya. Satu – dua hari, tugas memberikan makan cukup lancar dilakukan oleh kedua anak saya. Tapi beberapa hari ke depan, tugas itu mulai beralih ke bapaknya… hehe. Dan akhirnya keterusan sampai sekarang, saya lah yang ketiban tugas baru, yaitu memberikan makan ikan 2 kali sehari, sebelum saya berangkat kantor dan setelah pulang kantor.

aquarium

Tidak hanya sekedar memberi makan, saya pun juga harus membersihkan aquarium. Dan ternyata ada kenikmatan tersendiri. Memandangi ikan berenang meliuk-liuk, warna warni ikan yang kontras dan alami, aksesoris pemanis aquarium, dan suara gemercik air, membuat perasaan tenang, apalagi sehabis aquarium dibersihkan… Wawww… senangnya ruaarrr biasaaa. Serius… ada pengalaman batin yang lain dari yang pernah saya rasakan… (Jiah…. lebay banget ya.. hehe)

Sebenarnya sempat berpikir untuk menghentikan hobi baru saya ini. Karena beberapa minggu, aquarium tidak sempat saya bersihkan. Sumpek aja ngelihat aquarium dan air di dalamnya yang keruh. Tapi, setelah saya bersihkan, perasaan Bahagiaaaaaaa melihat aquarium dengan airnya yang jernih, muncul lagi.. HHhhmmmmm… sepertinya hobi ini mesti diperpanjang nih. Kalau imbalannya membuat hati merasa lebih tenang dan stress pun berkurang, gapapalah tambah kesibukan sedikit.

Iseng-iseng saya cari informasi tentang manfaat memelihara ikan. Menurut situs www.kkp.go.id ada beberapa manfaat positif terhadap kondisi psikologis manusia, antara lain:

  1. Menjernihkan pikiran dan menetralkan perasaan
  2. Menumbuhkembangkan kasih sayang yang alami dalam diri kita
  3. Memberi inspirasi dan meningkatkan imazinasi
  4. Menambah keindahan ruangan.

Nah, bagi pembaca yang lagi cari cara untuk mengurangi stress dalam hidup, memelihara ikan bisa jadi solusi. Semoga bermanfaat ya.

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

 

 

Leave a Reply