Kenapa Ibu Rumah Tangga Harus Berbisnis Online?

Banyak alasan kenapa seorang istri atau ibu rumah tangga masih tetap mau bekerja sebagai wanita karir disebuah perusahaan. Walaupun sang suami sudah memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap. Meskipun ada anak yang mesti di urus dirumah. Biarpun harus berangkat pagi pulang sore.

Ada beberapa alasan yang bisa saya ambil garis besarnya kenapa seorang wanita mau melakukan itu semua menurut saya.

Berikut ini alasan-alasannya :

  1. Untuk membantu keuangan keluarga,
  2. Untuk memenuhi kebutuhan pribadi,
  3. Untuk mengaktualisasikan diri.

Saya akan membahasnya satu persatu.

Untuk Membantu Keuangan Keluarga

Alasan ini mungkin yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Keadaan ekonomi keluarga yang “memaksa” seorang ibu rumah tangga harus ikut terlibat dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Penghasilan suami yang terlalu kecil atau tidak menentu dan biaya hidup yang semakin meningkat, mengharuskan seorang ibu ikut bekerja untuk menambah penghasilan keluarga.

Walaupun sebenarnya memenuhi kebutuhan keluarga bukanlah kewajiban seorang ibu rumah tangga.

Untuk Memenuhi Kebutuhan Pribadi

Banyak istri yang tidak nyaman apabila selalu meminta kepada suaminya untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Apalagi hanya untuk memenuhi kepuasannya saja.

Banyak wanita yang lebih nyaman untuk membeli segala kebutuhan pribadinya dengan menggunakan penghasilan pribadinya. Untuk membeli sepatu atau tas kesukaannya misalnya.

Inilah mungkin yang menjadi alasan kenapa seorang wanita mau bekerja menjadi seorang wanita karir di suatu perusahaan, yaitu untuk mempunyai penghasilan  yang kemudian digunakan untuk membeli segala kebutuhan pribadinya. Sukur-sukur bisa juga untuk meringankan beban suami dalam pemenuhan kebutuhan keluarga.

Untuk Mengaktualisasikan Diri

Inilah jawaban yang paling sering saya dengar dari seorang wanita karir. Dengan menjadi wanita karir di suatu perusahaan, mereka bisa mengaktualisasikan diri mereka. Tidak seperti jika hanya menjadi wanita “rumahan”, hanya selalu berkutat dengan masalah dapur, mencuci dan mengurus anak. Itu-itu saja yang dihadapi setiap hari.

Ini yang mereka takutkan, sampai tua hanya berurusan dengan kegiatan rumah tangga saja. Tidak ada hal yang bisa membuat mereka makin maju dan terus berkembang.

Dari semua alasan diatas, bisa dilihat sebenarnya ada dua poin penting yang menjadi pokok permasalahan, yaitu uang dan aktualisasi diri.

Padahal untuk memenuhi kebutuhan uang dan aktualisasi diri, tidaklah harus seorang ibu rumah tangga menjadi wanita karir yang harus bekerja di luar rumah. Banyak cara yang bisa mengakomodir kebutuhan keduanya.

Seorang ibu rumah tangga tidak harus bekerja kantoran untuk bisa membantu keuangan keluarga sekaligus memenuhi kebutuhan pribadinya. Untuk mengaktualisasikan diri pun tidak harus bekerja kantoran di sebuah perusahaan.

Dengan membuka usaha dirumah sesuai dengan bakatnya misalnya. Selain dapat terus mengaktualisasikan diri dan mengatasi masalah keuangan keluarga, sekaligus tetap bisa mengurus keluarga dan pekerjaan rumah. Diri senang, keluarga pun bahagia.

Solusi terbaik melakukan usaha dirumah adalah dengan menggeluti bisnis online. Saya sudah jelaskan kelebihan bisnis online ditulisan saya  sebelumnya dengan judul: Lima Alasan Kenapa Harus Mulai Melirik Bisnis Online

Bagi ibu rumah tangga yang ingin membantu keuangan keluarga dan mengaktualisasikan diri dengan tidak meninggalkan keluarga, berbisnis online adalah salah satu solusi yang tepat.

“Hidup Adalah Perjuangan. Pemilihan Jalan Hidup Mempengaruhi Proses dan Hasil Akhir Dari Sebuah Perjuangan”

Pemaparan saya diatas sudah menjelaskan bahwa bisnis online adalah solusi yang tepat untuk permasalahan-permasalahan Anda diatas. Masih berfikir untuk menjadi wanita kantoran ? Atau mulai berfikir untuk menggeluti bisnis online. Kerja dari rumah ? Siapa takut !!!

Bagaimana pendapat anda ?

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

NB: Bagi para ibu rumah tangga yang ingin menggeluti bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah, klilk informasinya di sini.

Leave a Reply