Kebaikan Itu Menular

Tulisan ini terinspirasi, setelah berkunjung ke blognya mas Khalid, teman dunia maya yang sudah lama tidak terdengar kabarnya. Kebetulan kemarin iseng-iseng main ke rumahnya (dibaca : blognya), ada tulisan bertajuk : Boomerang Tolong Menolong.

Di dalam tulisannya ada sebuah video yang sangat menyentuh. Video yang menggambarkan bahwa betapa indahnya hidup dengan saling tolong menolong.

Saya menyimpulkannya bahwa kebaikan itu menular. Setiap kebaikan yang kita lakukan, secara sadar atau tidak, sebenarnya sedikit banyak mempengaruhi orang-orang disekeliling kita untuk bisa berbuat lebih baik dari apa yang kita lakukan. Paling tidak akan berbekas sampai ke hati orang-orang disekeliling kita, walaupun hanya sedikit saja.

Itulah kenapa, apabila seseorang yang sejak kecil selalu bergaul dengan kebaikan-kebaikan, insya Allah besar nanti akan menjadi orang baik. Begitu juga sebaliknya, apabila sejak kecil selalu bersinggungan dengan kemungkaran-kemungkaran, kemungkinannya, besar nanti akan menjadi orang yang tidak baik. Wallahu alam.

Satu lagi point yang bisa diambil dari video itu adalah bahwa kebaikan itu pasti akan berbalik kepada pelakunya, sekecil apapun kebaikan itu. Artinya Allah pasti akan membalas kebaikan sekecil apapun yang kita lakukan, entah itu dibalas langsung di dunia, atau mungkin nanti di akhirat. Sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini :

“Dan barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarah niscaya ia akan menerima pahalanya, dan barangsiapa yang melakukan keburukan sebesar biji zarah niscaya ia akan menerima balasannya.” (Qs. Az-Zalzalah: 7-8)

Nih, saya tampilkan video yang menyentuh itu. Selamat menikmati…

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

2 thoughts on “Kebaikan Itu Menular”

  1. aichhhhh kok gatel-gatel ya badan saya :mrgreen:

    oh ada yg ngasih trackback rupanya! :ehm: :hawaii:

    kabar saya masih diem di kediaman saya yang tengah asyik mengurusi dunia SEO kang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *