Jual Wedang Uwuh di Depok

Jual wedang uwuh di depok – Pada jaman dulu pusat pengobatan daerah Jawa Tengah terdapat di keraton Yogya. Banyak jenis jamu yang lahir di kerajaan ini karena diperlukan untuk pengobatan raja-raja. Wedang uwuh hanya salah satunya. Meskipun artinya sampah, wedang ini mampu menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Rasanya pun begitu nikmat.

Popularitas wedang uwuh sudah menembus berbagai kota tak terkecuali di kota Depok, Jawa Barat. Minuman tersebut, selain menghangatkan tubuh, ada pula yang mampu meredakan batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh.  Tidak heran bila wedang uwuh memiliki manfaat untuk kesehatan. Atas  dasar itu, saya memberanikan diri untuk jual wedang uwuh di Depok.

wedang-uwuh

Mengapa saya jual wedang uwuh di Depok. Pangsa pasar di Depok masih luas. Depok sebagai pusat kuliner membutuhkan minuman khas dari daerah. Minuman ini dapat disandingkan dengan minuman lain seperti Bir Bletok, Bajigur dan lain-lain.

Wedang uwuh terdiri dari ampas atau bahan-bahan minuman  seperti rimpang jahe, serutan wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. Bisa juga dibubuhi gula batu atau gula merah.

Jahe juga mampu menurunkan kadar kolesterol karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Penelitian yang dilakukan para ahli di Jepang memperlihatkan, jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan jalan mengurangi laju aliran darah perifer (aliran darah tepi).

Kayu manis memiliki sifat antioksidan dan membuat rasa wedang menjadi lebih nikmat. Banyak herbalis meyakini bahwa campuran jahe dan kayu manis berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya tinggi.

Komponen penting lain dalam wedang uwuh adalah secang. Kayu secang ini telah lama dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti sifilis, batuk darah, dan radang.

Kayu secang juga dapat dipergunakan sebagai campuran untuk minuman kesehatan dan penghangat badan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa secang memiliki kemampuan antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

Cara membuat wedang uwuh ini gampang saja. Semua bahan cukup diseduh dengan air mendidih atau direbus jika ingin membuat dalam ukuran banyak. Beragam bahan dalam wedang itu jika telah menyatu dan direbus akar menghasilkan minuman berwarna cokelat kemerahan yang terbentuk dari warna dominan secang. Bau harum menguar dari aroma kayu manis. Rasa hangat, pedas, manis, berasal dari jahe dan rempah lainnya.

Penasaran ingin menikmati sajian wedang uwuh? Anda bisa membuatnya sendiri. Saya jual wedang uwuh di Depok. Hubungi Mulyadi Av 0812-8317-9705. Harga per bungkus relatif murah.

(Penulis: Mulyadi Av)

Leave a Reply