Gaya Hidup Aktif itu Menyenangkan

Gaya Hidup Aktif – Sejak beberapa bulan yang lalu, sejak saya mengikuti program diet, alhamdulillah gaya hidup saya banyak berubah. Karena memang bukan hanya pola makannya yang berubah, tapi pola pikir saya tentang bagaimana menjalankan hidup sehat juga berubah.

Dari mulai menghilangkan kebiasan ngemil gorengan sampai dengan kebiasan gayaΒ hidup aktif. Gaya hidup aktif yang saya maksud disini bukan berarti hidup yang penuh kegiatan diluar rumah, tapi gaya hidup aktif yang sebenarnya merupakan hal-hal kecil yang bisa kita ciptakan ketika berada di rumah, di luar rumah atau di kantor.

Kalau ingat kebiasaan saya dulu, kok rasanya nyesel banget, rasanya kok hidup begitu banget. Kalau dipikir-pikir ada sesuatu yang hilang, banyak hal-hal kecil yang sebenarnya bisa saya lakukan. Jauh banget deh dari gaya hidup aktif. Seandainya sudah membiasakan gaya hidup aktif sejak dulu, mungkin sudah sejak dulu saya bisa menikmati hidup sehat.

Gaya hidup aktif yang sekarang saya terapkan, entah itu karena berat badan yang sudah turun 12 kilogram lebih baru bisa bergaya hidup aktif, atau karena gaya hidup saya aktif, berat badan saya jadi bisa turun sebanyak itu. Tapi, yang pasti kedua-duanya saling berkaitan, tentunya juga dari program diet yang saya lakukan.

Mau bergaya hidup aktif ? Lakukan saja, hal-hal kecil seperti dibawah ini :

1. Setelah bangun tidur, biasakan untuk berbenah. Dari mulai merapihkan kasur, menyapu kamar dan ngepel. Lakukan semua sendiri, jangan menyuruh pembantu atau berharap istri yang berbenah. Ya, gantian lah sama istri, biar bisa sama-sama punya gaya hidup aktif πŸ™‚

Apalagi sekarang saya sedang hidup sendiri di perantauan. Berbenah kamar, sepertinya memang saya yang harus melakukannya.

2. Bersih-bersih rumah. Nyampu dan ngepel sambil mendengarkan lagu-lagu yang membakar semangat. Ini membuat kegiatan bersih-bersih rumah jadi lebih menyenangkan

3. Mencuci piring sendiri setelah makan. Selain hidup anda jadi lebih aktif, ini juga mengajarkan anak untuk mandiri.

4. Kalau sempat, sekali-sekali cuci motor atau mobil Anda sendiri.

5. Bebas tugaskan istri Anda untuk memasak, sekali-kali tidak ada salahnya Anda yang memasak sarapan pagi atau makan malam. Atau bisa Β sekali-kali membuat satu menu spesial yang dilakukan bersama-sama dengan istri. Selain hidup jadi lebih aktif, ini juga bisa mempererat hubungan suami istri.

6. Sempatkan untuk bermain dengan anak. Tidak hanya pada waktu-waktu libur, tapi juga setelah pulang kerja. Tidak perlu lama-lama, yang penting anak merasa senang. Selain hidup jadi lebih aktif, ini juga bisa memperat hubungan ayah dengan anak-anaknya.

7. Untuk pekerja kantoran yang biasa duduk lama di belakang meja, biasakan setiap satu jam sekali untuk bangun dari tempat duduk dan lakukan gerak-gerakan kecil, seperti meregangkan kaki, meregangkan tangan atau sekalian aja push up atau sit up di samping meja kalau berani malu dilihat teman-teman sekantor… hehe

8. Apalagi ya…. sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk gaya hidup aktif. Tolong ditambahin ya….

Nah, itu mungkin saya bisa Anda lakukan agar hidup Anda jadi lebih aktif. Selain gaya hidup aktif itu baik untuk kesehatan dan membuat hidup Anda jadi lebih menyenangkan, gaya hidup aktif juga menjadi faktor keberhasilan bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet.

Bagaimana, sudahkan Anda menerapkan gaya hidup aktif ? Lakukan dari sekarang kawan. Anda akan merasakan hidup anda akan lebih sehat dan menyenangkan. Dan tentunya berat badan Anda jadi semakin turun… hehe

Keep Healthy and Keep Happy πŸ™‚

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

12 thoughts on “Gaya Hidup Aktif itu Menyenangkan”

  1. wah……. klo sy super aktif dong… hehheee…… slain d ats, antr jmpt anak jg trs berkunjung k tkg sayur.xixixiii…… btw, suami jg gak segan lho, kadang2 masak. walo alhasil dapur kyk kapal pecah :kusut:

    1. tips-nya saya masukin ke artikel saya diatas ya mba… πŸ™‚

      walaupun dapur kayak kapal pecah, tapi rasanya enak dong, soalnya pake bumbu C.I.N.T.A … hehe

  2. aku tak terlalu memikirkan gaya hidup. menurut teman2 aku ini termasuk orang yg gila kerja… terlalu aktif dan sedikit relax.

    bagiku itu bukanlah masalah. yang penting kita tampil apa adanya.

  3. dua kenikmatan yang sering dilupakan manusia, sehat dan waktu luang. kalau mau sehat, lihatlah bagaimana pola hidup Rasulullah SAW. salam kenal juga.

    1. sip… setuju banget. Nanti boleh juga tuh di share tentang sehat ala Rasulullah SAW. Terima kasih sudah berkunjung mas πŸ™‚

Leave a Reply to Octa Dwinanda Cancel reply