Belanja Online, Siapa Takut

belanja-onlineBelanja Online – Kebiasaan orang belanja online, sudah  ada cukup lama. Di belahan dunia lain , belanja online melalui media internet atau melalui situs-situs e-commerse sudah menjadi hal biasa. Di Indonesia, belanja online masih termasuk hal yang baru, walaupun sebenarnya situs-situs e-commerse sudah ada sejak lama.

Dulu, situs e-commerse di Indonesia bisa dibilang mati satu, yang lain ikut-ikutan. Kenapa demikian ? Karena memang masih banyak orang yang tidak percaya atau ragu-ragu melakukan pembelian melalui situs-situs e-commerse, sehingga mempengaruhi pasar belanja online.

Sebenarnya, kalau kita tahu tips-tips yang aman, belanja online bukan suatu hal yang menakutkan. Berikut ini saya coba memberi gambaran tentang belanja online, berikut tips-tips yang aman dalam berbelanja online.

Salah satu ketakutan orang untuk melakukan belanja online adalah dari sisi pembayaran yang harus menggunakan kartu kredit. Mereka takut data kartu kredit mereka dicuri.

Banyak orang mengira bahwa pencurian data kartu kredit banyak dilakukan secara online. Padahal, pencurian data kartu kredit lebih mudah dan banyak dilakukan secara offline.

Berhati-hatilah ketika kita melakukan pembayaran di kasir menggunakan kartu kredit. Seandainya kasirnya memang berniat untuk mencuri, sangat mudah melakukannya. Hanya dengan mencatat nomor kartu kredit berikut 3 digit keamanan yang terletak dibelakang kartu, lalu kemudian mereka menyebarkan di internet. Ini yang membuat menjadi salah kaprah, seakan-akan pencurian data kartu kredit ini dilakukan secara online.

Tidak dipungkiri juga, data kartu kredit bisa dicuri secara online melalui server situs milik situs e-commerse bersangkutan. Kalau memang ini benar-benar terjadi, sudah sangat keterlaluan. Untuk situs-situs e-commerse yang sudah besar, tidak mungkin melakukan hal demikian, karena itu mempertaruhkan nama baik dan omset mereka tentunya.

Berikut ini tips-tips berbelanja online yang aman, sehingga tidak mengecewakan nantinya.

1. Cari Tahu Detil Kontak

Pastikan anda mengetahui semua alamat dan nomor telepon si penjual . Pastikan keaslian alamat dan nomor teleponnya. Cek alamatnya benar atau tidak, kalau perlu datang ke lokasi untuk lebih memastikan.

Lebih baik belanja online  ke penjual yang mempunyai situs atau blog. Setidaknya bisa jadi salah satu indikasi bahwa si penjual benar-benar serius untuk berjualan. Kalaupun terpaksa belanja online melalui perorangan dari forum-forum jual beli, pastikan dulu bahwa orang itu bisa dipercaya. Cek ID YMnya, dan cek juga profil facebook atau friendster-nya bila ada.

2. Cek Testimoni

Kita bisa mengetahui siapa itu si penjual, melalui testimoni orang lain. Biasanya di forum-forum jual beli, bisa kita temukan testimoni ini. Sendainya banyak terdapat testimoni yang buruk, lebih baik kita urungkan niat kita untuk melakukan transaksi dengan orang tersebut.

3. Perhatikan cara pembayaran

Cara yang paling aman agar tidak terjadi pencurian data kartu kredit adalah dengan memilih cara pembayaran langsung yaitu dengan pembayaran via bank. Kalaupun harus menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa orang/situsnya bisa dipercaya dan mempunyai reputasi baik di dunia online.

Atau anda bisa melakukan pembayaran melalui jasa transfer uang online. Ya, anda bisa melakukannya melalui Paypal. Dengan Paypal kita dapat meminimalisir terjadinya pencurian data kartu kredit, karena kita tidak harus selalu menyertakan nomor kartu kredit kita di setiap transaksi ketika belanja online. Cukup sekali saja mendaftar di Paypal, selanjutnya proses pembayaran di setiap transaksi belanja online diambil alih oleh Paypal.

Atau Anda bisa juga menggunakan jasa pembayaran online Indonesia, iPaymu.com sebagai alternatif lain.

4. Belanja online di Situs e-commerse yang sudah punya nama

Ini tips terakhir dari saya. Yang paling aman belanja online adalah melalui situs-situs e-commerse yang sudah punya nama besar. Karena kemungkinannya sangat kecil atau bahkan tidak mungkin mereka melakukan kecurangan. Ini situs-situs e-commerse yang saya rekomendasikan :

  1. eBay / eBay Indonesia
  2. Amazon
  3. Bhinneka
  4. GlodokShop

Setelah membaca tulisan saya ini, masih takutkah Anda untuk belanja online ?

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

NB: Artikel ini saya copas dari blog saya terdahulu yang sekarang sudah tidak lagi online. Di-publish 30 September 2009

One thought on “Belanja Online, Siapa Takut”

Leave a Reply