400 Ribu Dari Google Adwords

Sudah dari satu bulan yang lalu, saya dapat kabar dari abang saya di Jakarta bahwa ada kiriman surat dari Google. Mendengar kata google, hati ini sedikit bergetar nih :tarzan: . Apakah mungkin kiriman cek dari Google Adsense. Tapi tidak mungkin ach…. Lah wong belum pernah ada yang klik iklan adsense saya kok dan lagi pula situs adsense-nya juga sudah ke laut… hehe

Kalau cek, yang pasti tidak mungkin. Tapi saya masih berharap ada dollar di dalam amplot surat itu.

Karena itu kiriman surat cinta pertama dari neng Google, saya tidak izinkan abang saya untuk membukanya. Alasannya, biar saya saja yang pertama kali melepas keperawanannya….  :fiktor:

Kebetulan minggu kemarin saya pulang ke Jakarta untuk menjemput istri dan anak-anak saya untuk saya boyong kembali ke Pontianak. Sekalian mau ambil surat cinta dari neng Google di rumah abang saya. Oh iya, kok suratnya ada dirumah abang saya ya ? Iya, karena memang alamat KTP saya yang saya daftarkan di google adalah alamat rumah abang saya itu, kebetulan dari kecil saya dan orang tua tinggal disitu dulunya.

Sampai di rumah abang, saya langsung minta surat dari google. Saya menunggunya dengan perasaan yang berbinar-binar, sambil melihat abang saya dan istrinya mencari-cari surat tersebut di meja yang penuh dengan tumpukkan kertas-kertas.

Hap, akhirnya ketemu juga suratnya. Saya buka secara perlahan dengan penuh perasaan.  Ada dua lembar kertas. Satu kertas surat, satu lagi potongan kertas sebesar sepertiga kertas A4. Ya, kertas yang satunya itu adalah  voucher beriklan gratis di google adwords. Alhamdulillah, ternyata harapan saya hanya sedikit meleset. Harapan mendapatkan dollar, ternyata hanya mendapatkan voucher sebesar 400 ribu rupiah.  :hulahula:

Senangnya bukan kepayang. Langsung saya beritahu abang, ipar dan istri saya yang kebetulan memang lagi ngumpul di ruang dalam konter HP abang saya. Sambil teriak-teriak dan loncat-loncat kegirangan…. :gaktahan: . Hehe, ga deh. Reaksi saya biasa saja kok…. 🙂

Tapi ada sedikit kekecewaan. Voucher itu ternya hanya berlaku sampai tanggal 31 Oktober 2010, setelah tanggal tersebut nilai vouchernya turun menjadi 250 ribu rupiah dan hanya berlaku hingga tanggal 12 November 2010. Tetap bersyukur, walaupun nilainya berkurang.

Sesampainya di Pontianak, barulah saya tindak lanjuti. Di suratnya tertera bagaimana cara menggunakan voucher tersebut. Caranya dimulai dari membuat akun google adword sampai memasukkan kode promosi yang tertera pada voucher tersebut. Tapi karena saya sudah punya akun google adwords, langsung saja saya buka akun saya.  Saya buat campaign baru dan saya masukkan kode promosinya.

Dan, apa yang terjadi ? ternyata ada peringatan dalam bahasa inggris yang artinya kurang lebih mengatakan bahwa akun google saya sudah lama aktif. Mmmmm…. saya pikir voucher ini sepertinya hanya berlaku untuk akun google adwords baru. Tanpa pikir panjang, saya buat akun google adwords baru dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang tertera disurat.

Setelah saya isi kode promosinya, ternyata masih terdapat pesan dalam bahasa inggris yang artinya kurang lebih mengatakan bahwa kode yang saya masukkan sudah pernah dimasukkan sebelumnya…..

:sedih:  Walaha….. Apes… apes. Akhirnya kegembiraan itu sedikit ternodai. Voucher sebesar 400 ribu rupiah hilang lenyap begitu saja.

Peringatan nih, buat kawan-kawan yang baru pertama kali mendapatkan surat dari google adwords mengenai voucher seperti ini. Ingat-ingat ya, voucher seperti ini hanya berlaku untuk akun google adwords yang baru. Jangan sampai kejadian seperti saya. Tapi ini menjadi pengalaman menarik buat saya dan mudah-mudahan bisa jadi pembelajaran buat yang lain.

Tetap tersenyum kawan 🙂

Salam Bahagia,
Octa Dwinanda

33 thoughts on “400 Ribu Dari Google Adwords”

  1. Mungkin bukan rejekinya mas, namun bisa jadi penyemangat untuk terus mengejar tuh “dolar”, saya mah masih belajar eksis duluan nih!

  2. wah pengalaman berharga banget nih !!!!! makasih mas ! semoga nanti saya tidak melakukan kesalahan seperti itu… ( dan saya emang belom punya account google adwrd juga ) :ehm:

    1. hehe…. baru tahu ya 😀

      saya dulu waktu awal-awal bisnis online, langsung main google adsense mas… biasalah newbi, gampang menyerah….. hehe. Sekarang fokus di afiliasi lokal dulu deh, sambil memperdalam SEO 🙂

  3. Waduh, kirain beneran langsung bisa digunakan. Ternyata ada syarat dan ketentuan khusus. Tapi pengalaman memang sellau berharga, walaupun pahit :binar:

Leave a Reply